Masakan Pendap Khas dari Daerah Bengkulu


Pendap, Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Lezat dan Menggugah Selera

Pendap adalah salah satu masakan khas Bengkulu yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Masakan ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat, sehingga banyak digemari oleh masyarakat Bengkulu maupun wisatawan.

Pendap biasanya terbuat dari ikan kembung, namun bisa juga menggunakan ikan jenis lainnya, seperti ikan kakap, ikan tongkol, atau ikan patin. Ikan yang digunakan haruslah segar agar rasanya lebih lezat.

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat pendap juga cukup sederhana, yaitu bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, jahe, serai, lengkuas, daun mangkokan, dan daun salam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan ditumis hingga harum.


Cara membuat pendap cukup mudah. Ikan yang telah dibersihkan dilumuri dengan bumbu halus dan garam. Kemudian, ikan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

Pendap biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sambal. Masakan ini juga bisa disajikan dengan lalapan, seperti timun, tomat, dan daun kemangi.

Berikut adalah resep pendap khas Bengkulu:

Bahan-bahan:

  • 500 gram ikan kembung, bersihkan
  • 10 siung bawang merah, haluskan
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 6 buah cabai merah, haluskan
  • 6 butir kemiri, sangrai, haluskan
  • 2 cm jahe, haluskan
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 5 lembar daun mangkokan, iris kasar
  • 2 lembar daun salam

Bumbu pelengkap:

  • 1 sendok makan garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh gula pasir

Cara membuat:

Remas-remas daun mangkokan dengan 1/2 sendok teh garam.

Lumuri ikan kembung dengan bumbu halus dan garam.

Bungkus ikan dengan daun pisang, lalu ikat dengan tali rapia.

Kukus ikan selama 30 menit atau hingga matang.


Sajikan pendap dengan nasi hangat dan sambal.

Tips membuat pendap:

Gunakan ikan yang segar agar rasanya lebih lezat.

Tumis bumbu halus hingga harum agar rasanya lebih sedap.

Bungkus ikan dengan daun pisang yang rapat agar aromanya tidak keluar.

Kukus ikan hingga matang agar bumbu meresap sempurna.

Variasi pendap:

Selain ikan kembung, pendap juga bisa dibuat dengan ikan jenis lainnya, seperti ikan kakap, ikan tongkol, atau ikan patin. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya, seperti tomat, bawang bombay, atau kemangi.

Berikut adalah beberapa variasi pendap:

Pendap ikan kakap: Gunakan ikan kakap yang segar dan potong-potong sesuai selera. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan tomat, bawang bombay, dan kemangi. Masukkan ikan kakap dan masak hingga matang.

Pendap ikan tongkol: Gunakan ikan tongkol yang segar dan potong-potong sesuai selera. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan kemangi. Masukkan ikan tongkol dan masak hingga matang.

Pendap ikan patin: Gunakan ikan patin yang segar dan potong-potong sesuai selera. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu tambahkan serai, lengkuas, dan daun salam. Masukkan ikan patin dan masak hingga matang.

Pendap adalah masakan yang lezat dan menggugah selera. Masakan ini cocok untuk disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam. Dengan mengikuti resep di atas, Anda bisa membuat pendap sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Komentar